Dropdown Menu

Billionaire ads

Monday, March 7, 2016

Langkah-Langkah Untuk membuat WHV Australia (Work and Holiday Visa) Subclass 462

WHV Australia Subclass 462 apa siy artinya?? Untuk menjawab arti dari WHV Australia, udah saya jawab di link disini.
Secara umum langkah-langkah untuk membuat Work and Holiday Visa (WHV) Subclass 462 adalah:
  1. Buka situs www.imigrasi.go.id untuk mengajukan surat rekomendasi dari pemerintah (Letter of Government Support) dan penuhi persyaratannya.
  2. Lodge WHV lewat AVAC (Australia Visa Application Centre)
  3. Pemeriksaan Kesehatan (Health Examination)
  4. Visa Granted
Melihat urutan diatas keliatannya sangat singkat, jelas, dan padat. Jelas dan padatnya memang iya, tapi tidak untuk singkatnya. Karena tidak sedikit pejuang WHV yang menjalaninya selama berbulan-bulan. Tapi tenang aja, kamu bisa apply sambil tetap bekerja koq, jadi jangan resign dulu yach sebelum km dpt visa WHV nya. Berdasarkan pengalaman, yang paling lama adalah proses untuk mendapatkan Surat Rekomendasi dari Ditjen Imigrasi, mulai dari menunggu jadwal wawancara hingga menunggu dikeluarkannya surat rekomendasi, klo udah dapet surat rekomendasi kesananya cepet koq! Mau tau jalan ceritanya secara lengkap?! Ikuti terus Langkah-langkahnya dibawah ini. Gampang koq!

 1. Langkah pertama: Buka situs www.imigrasi.go.id untuk mengajukan surat rekomendasi dari pemerintah (Letter of Government Support) dan penuhi persyaratannya.
ini adalah langkah awal dalam membuat Surat Rekomendasi dari Pemerintah Indonesia (SRPI), hanya tinggal mengisi pada kolom registrasi di situs Ditjen Imigrasi tersebut.
Kolom Registrasi Immi
Setelah diisi semua, jangan lupa download formnya di link disini.

Contoh Form Permohonan SRPI yang sudah diisi
Form tsb dipergunakan ketika sudah dapat jadwal wawancara, karenanya nanti dipakai untuk verifikasi berkas. Dokumen-dokumen yang harus dilampirkan ketika di undang wawancara di Ditjen Imigrasi: (saya kutip dari situs Ditjen Imigrasi)
  1.     Form Identitas, seperti contoh diatas, download disini
  2.     Kartu Tanda Penduduk (KTP);
  3.     Akte Kelahiran;
  4.     Paspor dengan masa berlaku minimal 12 bulan;
  5.     Ijazah perguruan tinggi minimal Diploma III, atau Surat Keterangan sebagai mahasiswa aktif setidaknya 2 tahun, dilengkapi Kartu Mahasiwa (KTM) dari perguruan tinggi bersangkutan;
  6.     Memiliki sertifikat kemampuan berbahasa Inggris IELTS dengan minimal score 4.5 ;
  7.     Surat keterangan / Jaminan Bank atas kepemilikan dana sejumlah AUD $ 5000 (Lima Ribu Dollar Australia) atau yang setara (sekitar IDR 50 Jutaan)
  8.  Pas foto terakhir berwarna ukuran 4 x 6 sebanyak 1 lembar, latar belakang putih
    Catatan:
    Pada saat wawancara untuk membawa seluruh persyaratan asli dan fotokopi ;
    Berkas fotokopi dimasukkan dalam map warna biru dengan urutan seperti di atas;
    Tidak dipungut biaya selama proses pengeluaran surat rekomendasi;
    Sertifikat bahasa Inggris dalam bentuk prediction TIDAK DITERIMA.

 Yang terpenting adalah persyaratannya terlebih dahulu untuk dipenuhi, apa aja sich syaratnya?? Mau tahu bangeeet apa mau tahu ajaa?? Klo emg mau tahu bangeeet klik disini!. Yaitu salah satunya adalah kamu harus berusia antara 18-30 tahun. Itu pasti, nah klo umur kamu belum 18 tahun dan atau udah lewat dari 31 tahun sudah dipastikan tidak bisa mengikuti program WHV ini. Maksimal 30 tahun. Trus klo misalnya usianya pas 30 tahun gimana kak?? tetap ga bisa. TAPI, ga bisanya ketika kamu mengajukan surat rekomendasi ke Ditjen Imigrasi. Makanya pengajuan surat rekomendasinya harus sebelum usia 30 tahun. klo udah dapat SRPI trus ketika ingin Lodge visa melalui AVAC, usianya pas 30 tahun masih bisa koq, asalkan belum mencapai 31 tahun. Antara Ditjen Imigrasi dan Australian Embassy masing-masing lembaga punya aturan yang berbeda soal usia.  memiliki sejumlah uang pada rekening di bank AUD $ 5000 atau yang setara. Klo di convert ke rupiah, nominal ini setara dengan IDR 50.000.000 dengan estimasi IDR10.000 per AUD$ 1. Pastikan aja kalau uang ini sudah mengendap selama minimal 3 bulan, terhitung sebelum registrasi pengajuan SRPI (Surat Rekomendasi Pemerintah Indonesia). Trus klo ga punya gimana?? Klo ga punya ya bisa pinjam sana-sini, bisa dari ortu, sodara, atau teman dekat. Klo mau pke tabungan ortu juga bisa siy, tapi nanti pas wawancara diminta bukti kartu keluarganya dan disuruh buat surat keterangan finansial. Surat keterangan/jaminan Bank atas kepemilikan dana itu apa ya?? Itu merupakan bukti bahwa kamu memiliki dana yang cukup untuk hidup dan tinggal selama beberapa waktu, kurang lebih cukup untuk 3 bulan pertama di Aussie, dan cukup untuk biaya pulang pergi. Bukti bisa berupa Surat Keterangan atau surat jaminan bank maupun surat referensi bank ataupun rekening koran. Saya sendiri pada waktu itu hanya melampirkan surat keterangan bank (Bank Statement), yang menyatakan bahwa akun tsb adalah benar adanya milik saya. Tidak hanya itu, saya juga melampirkan bukti buku tabungan.
 
Surat Keterangan Bank / Bank Statement

Trus yang berikutnya juga dan ga kalah pentingnya adalah, kamu harus punya bukti bahwa kamu bisa bahasa inggris minimal setingkat fungsional, seenggaknya km bisa cas cis cus lah sedikit banyak ama orang bule. Dibuktikan dengan sertifikat IELTS minimal score 4.5. Apakah harus IELTS? klo sertifikat TOEFL atau TOEIC bisa ga?? Jawabannya adalah udah ga bisa, mengacu pada website www.imigrasi.go.id tentang salah satu persyaratan WHV, adalah Memiliki sertifikat kemampuan berbahasa Inggris IELTS dengan minimal score 4.5. Dimana lokasi penyelenggara IELTS yang resmi di Indonesia, namanya apa, trus ada situsnya ga?? Lokasi, nama dan situs penyelenggara IELTS yang resmi di Indonesia:
Kembali lagi untuk undangan wawancara bisa dapat kapan aja, ada yang baru daftar pagi trus sorenya langsung dapat jadwal wawancara, ada yang 2 minggu udah dipanggil, ada yang 1-3 bulan baru dipanggil, ada juga yang sampai 5 bulan baru dipanggil wawancara. Yang terpenting adalah setelah kamu daftar sering-seringlah untuk mengecek situs Ditjen Imigrasi pada kolom Jadwal Wawancara, atau sering2lah mampir ke grup FB "WHV Indonesia", disana juga suka ada yang update status klo ada jadwal wawancara terbaru. Intinya saling berbagi info deh, biar ga ketinggalan. Soalnya ga bisa diprediksikan kapan kita diundang untuk wawancara. Cuma pihak Imigrasi dan Tuhan yang tahu kapan jadwalnya muncul.
Kolom Jadwal Wawancara Immi
Alamat Ditjen Imigrasi dimana sih? Nah, bagi yang udah diundang wawancara, dan semisal wawancaranya di Ditjen Imigrasi Jakarta, nih alamatnya: Gedung Ditjen. Imigrasi, Jl. HR. Rasuna Said Kav. X-6 No.8, Jakarta Selatan. Patokannya Pasfes yang ada di kuningan-Jaksel, posisi Ditjen Imigrasi ada di sebrang Pasfes (Pasar Festival) Kuningan, Jakarta.Tips, datengnya agak pagian, biar cepat dapat urutan awal, biar wawancaranya ga terpotong jam makan siang. Waktu itu saya dapat urutan Nomor 12. Interviewnya sendiri cepet koq cuma menunggu giliran yang lama. waktu itu saya diwawancara hanya 10 menit. Asalkan dokumen2nya lengkap dan jawaban-jawabannya jelas, singkat dan padat. Interviewer saya namanya mbak Fidelia, dan pemeriksa dokumennya mbak Dely. mereka ramah dan ga nanya yang macem-macem. cuma perkenalan diri, ditanya waktu itu seputar pekerjaan yang sekarang kita jalani trus ditanya lagi kamu ada saudara atau teman disana??. Nanti juga sedikit dites conversation dalam bahasa Inggris.
Trus klo misalnya udah selesai wawancara, kamu akan menerima selembar bukti tanda terima berkas dan wawancara.
Tanda terima berkas dan wawancara
 Kamu akan disuruh menunggu lagi kira2 1 bulan, karena berkasnya akan diverifikasi oleh team dari pihak Immi. Soalnya suka ada yang berkasnya ketinggalan di rumah, atau berkasnya sedang di proses untuk pembuatan. Intinya pengumuman penerimaan SRPI itu biasanya akan dibarengi dengan pelamar2 lainnya yang masih satu gelombang. SRPI akan dikirimkan oleh Ditjen Imigrasi melalui email kepada para peserta. SRPI berlaku selama 30 hari sejak tanggal dikeluarkan.
Contoh SRPI yang diperoleh dari Ditjen Imigrasi
Dapetin SRPI ini GRATIS, tanpa ada pungutan biaya apapun. Harap dicatat bahwa surat dukungan / SRPI tidak memberikan garansi bahwa kamu akan mendapatkan visa. Tetapi surat ini adalah salah satu persyaratan aplikasi anda. 

2. Langkah Kedua: Apply visa WHV lewat AVAC (Australia Visa Application Centre)
Untuk mengajukan visa ini bukan di Kedutaan Australia langsung. Tapi di AVAC, AVAC ini merupakan singkatan dari Australia Visa Application Centre. Ada 2 kantor AVAC di Indonesia, yaitu di Jakarta dan di bali. 
Untuk yang di Jakarta, awalnya AVAC terletak di Jl. Sudirman, akan tetapi sejak bulan April 2014 sudah pindah ke lokasi baru: di Kuningan City Lt. 2 No. L2-19 Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 18, buka Senin-Jumat 08:30-16:00.
Untuk yang di Bali, AVAC beralamat: di Benoa Square Lantai. 3 No. 7-9.3/A
Jalan Bypass I Gusti Ngurah Rai No. 21A
Kedonganan, Kuta, Bali.
Langkah kedua ini adalah langkah selanjutnya buat kamu untuk bisa mendapatkan Work and Holiday Visa. Jadi setelah kamu udah dapat SRPI lewat email, silahkan di print surat rekomendasinya dan langsung datang ke AVAC untuk Lodge Visa WHV Australia. Kamu bisa pilih apakah mau datang langsung atau dikirim melalui kurir. Untuk yang ingin menggunakan jasa kurir, sebagai informasi silahkan klik disini. Klo aku datang langsung yang di Jakarta, Dokumen yang harus dibawa ketika akan apply di Avac secara umum sama dengan sewaktu mengajukan SRPI, akan tetapi ada tambahan yaitu Surat rekomendasi itu sendiri harus dilampirkan sewaktu di AVAC,  Berikut ini Dokumen yg harus dilampirkan beserta fotocopy nya:
  1. Form 1208, (download form disini)
  2. Surat Rekomendasi Pemerintah Indonesia (SRPI)
  3. Berikut semua dokumen yang pernah dilampirkan sewaktu wawancara di Ditjen Imigrasi: Akte Kelahiran, Paspor, Ijazah, Transkrip Nilai, Surat Keterangan Bank, Bukti rekening koran bank, sertifikat IELTS, pas foto ukuran paspor 3,5 cm x 4,5 cm (background putih). dokumen pelengkap: KTP, CV, KK (sering diminta, walaupun ga ada di persyaratan)
Berikut adalah link situs dari AVAC Jakarta: www.vfsglobal.com/Australia/Indonesia. Meskipun hanya Agency, tapi AVAC memiliki keamanan yang berlapis, masuk kesana HP harus dimatikan, kemudian harus melewati 3 gerbang pemeriksaan. Setelah masuk ke bagian untuk apply aplikasi, silahkan terlebih dahulu ambil nomor antrian. Silahkan menunggu hingga giliran. Nah, klo saya kebetulan lagi sepi, ga sampe 10 menit udah selesai. Jadi begitu dapat nomor antrian langsung deh dipanggil nomornya. Tiba waktunya nomor saya dipanggil menuju Customer Service, kemudian dokumen-dokumen yang kita bawa akan diperiksa dan dibawa oleh pihak AVAC, mereka hanya membutuhkan yang foto copy an nya aja, sedangkan utk lampiran surat rekomendasi ama bank statement harus yang asli yang diberikan kepada customer service AVAC. Biayanya berapa sih untuk Lodge Visa WHV itu?? Waktu itu tanggal 1 Maret 2016 saya membayar total keseluruhan IDR 4.769.500 sudah termasuk biaya logistik ke pihak AVAC nya (Applicant Logistic Fee). Proses pengajuan visa untuk WHV maksimal 90 hari kerja.
Struk pembayaran sewaktu apply ke AVAC, termasuk berisi VLN Numbernya
Setelah Lodge dokumen ke AVAC, kamu akan mendapatkan struck pembayaran sebagai tanda bukti, didalamnya terdapat rincian pembayaran dan juga nomor VLN, yang diawali dengan AUX- ...-....-...
Juga kamu mendapatkan 2 lembar kertas disatukan dengan struck nya. Kertas yang berisi cara melacak permohonan visa kamu. dengan membuka situs AVAC disini.Tinggal input aja nomor VLN yang kamu dapat, dan tanggal lahir dengan format (dd/mm/yyyy). Selanjutnya klo udah Lodge di AVAC kita tinggal menunggu email dari kedutaan Australia yang berisi HAP ID untuk melakukan medical examination. Biasanya suka ditawarin untuk notifikasi lacak permohonan lewat sms dengan biaya IDR 25.000. Tapi kita bisa menolaknya koq, lagipula notifikasinya juga bisa dikirim lewat alamat email.

3. Langkah Ketiga:  Pemeriksaan Kesehatan (Health Examination)
Ini adalah langkah final yang harus kita lalui dalam proses membuat visa bekerja dan berlibur (Work and Holiday Visa) Australia. Sebelum melakukan cek kesehatan atau medical, terlebih dahulu kita harus menunggu email dari pihak Kedutaan Australia yang berisikan nomor HAP ID serta list RS dan dokter yang ditunjuk oleh Australian Embassy. Harap dicatat: sesuai dengan isi emailnya HAP ID hanya berlaku selama 7 hari kerja. Jadi setelah dapat email secepatnya lakukan medical check up.
Email yang saya dapat, berisikan HAP ID dan list RS
 Selanjutnya, tinggal print aja HAP ID yang km dapat dari Kedutaan Aussie nya. Inget, berlaku 7 hari yach!
Contoh HAP ID
Nah, klo dibawah ini list RS dan panel Dokter yang ditunjuk oleh Australian Embassy
List RS dan Dokter yang ditunjuk oleh Kedubes
List RS sudah diupdate, sebelumnya untuk yang di daerah Jakarta ada RS Mitra Kemayoran yang pernah menjadi recommended bagi para pemburu WHV Australia karena murahnya, namun sekarang sudah tidak bekerjasama lagi dengan pihak Kedubes Aussie, maka dari itu cek dulu emailnya dulu, List RS bisa aja berubah sewaktu-waktu. Saya memilih RS Premier Jatinegara karena kebetulan dekat dari tempat tinggal saya.
Untuk pemeriksaan kesehatan, sesuai dengan email HAP ID yang saya dapat yaitu:
Medical Examination (501) dan Chest x-ray (502).
Beberapa waktu lalu untuk medical check WHV persyaratan yang dibutuhkan hanya Chest x-ray saja. Kini untuk cek kesehatan ga cuman cek dada x-ray aja, tapi juga medical examination (501)
Catat, dokumen yang harus dibawa ketika medical adalah: Paspor dan nomor HAP ID. Sebelum datang telpon dulu ke RS nya untuk membikin appointment, bisa aja kamu dikasih jadwal pada hari yang sama atau bisa juga pada hari yang kamu mau. Nah, klo udah sampe sana kamu akan diberikan form dari pihak RS yang harus kamu isi yaitu form 26 (untuk medical examination) dan form 160 (untuk rontgen). Medical check up yang saya jalani antara lain: cek urin, ditanya seputar riwayat penyakit yang pernah diderita, tensi darah, cek detak jantung, cek perut, cek lubang telinga, cek tenggorokkan, cek tulang dengan alat pengetuk untuk dengkul kaki dan siku tangan, cek mata dites dari jarak tertentu, dan yang terakhir adalah rontgen dada (Chest x-ray). Hasil medical akan langsung dikirimkan ke kedutaan oleh pihak RS dalam waktu 2 hari. Biayanya adalah IDR 760.000.

 Kwitansi Pembayaran Medical yang saya terima
4. Langkah Keempat, Visa Granted
Ini adalah langkah bonus, klo kamu udah dapat email terkait visa kamu granted berarti kamu udah boleh menggunakan visa Work and Woliday dan sudah disetujui oleh pihak Australian Embassy. Membutuhkan waktu yang cukup lama dan kesabaran ekstra hingga berbulan-bulan untuk membuat WHV Australia Subclass 462 ini. Tapi perjuangan yang kamu lewati terbayar lunas ketika tiba waktunya kamu dapat email dari Kedubes Aussie.
Contoh Email visa granted

Kamu juga dapat attachment berupa file dari Departemen Imigrasi Pemerintah Aussie, terkait visa granted isi file salah satunya ada Application ID, Grant ID, File Number, Payment Receipt Number, dll. Silahkan di print aja, sebagai tanda bukti kalau-kalau dibutuhkan ketika kamu nyampe si Aussie, sebagai bukti autentik WHV km. Dikarenakan tidak ada cap ataupun stempel maupun tanda2 apapun yang menghiasi paspor kamu. Detail visa kamu sudah terekam secara electronik ketika kamu check in untuk terbang ke Aussie. Mereka secara otomatis mengkonfirmasi hak kamu untuk travel ke Aussie. Sekarang kamu udah bisa keluar masuk Aussie selama 1 tahun penuh.
Contoh file notifikasi Visa Granted
Berikut ini Timeline saya sewaktu berjuang dalam membuat WHV Australia Subclass 462
Sekitar Mei-Juli 2015 ada teman yang ngasih tahu tentang visa student ke Aussie, tapi harus punya sponsor yang punya uang ratusan juta. Mulai dari situ, penasaran dech, searching2 tentang Aussie dari cara membuat visa student, visa kerja, ampe visa turis yang katanya ga boleh nyambi kerja itu. Situasi saya pada waktu itu sedang kerja di kapal pesiar. Jadi pas ada jam break dan waktu luang, saya sempatin untuk searching di mbah google. Sampe akhirnya nemu artikel tentang macam2 visa untuk Australia. Nah, ketemu WHV dech. Ya udah, akhirnya saya iseng coba apply walaupun masih di kapal. Soalnya denger2 nunggu jadwal wawancaranya ampe berbulan2. Jadi iseng aja nyoba register!!
Bener kepanggil, tapi bulan Oktober, saya masih dikapal. Saya mengabaikannya! Mau tahu selanjutnya bagaimana?? ini niich timeline saya:
Tgl 15 Juli 2015 registrasi untuk membuat surat rekomendasi via situs Ditjen Imigrasi
Tgl 29 Oktober 2015 diundang wawancara, tapi ga bisa datang, karena masih di kapal, kerja.
Tgl 4 Desember 2015 pulang ke Indonesia selepas berlayar
Tgl 6 Desember 2015 daftar online di situs ialf.edu untuk membuat IELTS
Tgl 12 Desember 2015 tes IELTS di Lembaga IALF, menara selatan Kuningan, Jakarta Selatan
Tgl 16 Desember 2015 atas saran dari nyokap utk direschedule interviewnya, jadi saya mampir ke Ditjen Imigrasi bareng Ibu saya., bertemu dengan Pak Teguh untuk minta reschedule jadwal
Tgl 28 Desember 2015 keluar hasil ielts 5.5
Tgl 27 Januari 2016 Pengumuman diundang wawancara oleh Ditjen Imigrasi, hari itu juga prepare document asli dan fotocopian yang udah saya siapin dari jauh2 hari!, di hari ini tinggal bikin Surat Keterangan Bank.
Hari Kamis, 28 Januari 2016 Wawancara di Ditjen Imirgrasi dengan pewawancara mba Fidelia dan pemeriksa dokumen mba Dely
yang ditanyakan seputar pekerjaan yang sekarang kita jalani, trus ada saudara atau teman apa ga disana?, lalu dites conversation sedikit pakai bahasa inggris.
pukul 09.00 - 12.00WIB siang, saya datang jam 08.30WIB dan dapat nomor panggilan ke 12, dapat giliran sekitar jam 10.30WIB. proses wawancaranya ga lama koq, waktu itu saya cuma sekitar 10 menit.
Hari Sabtu, 27 februari 2016, kira2 pkl 18.30WIB dpt email dr direktorat lintas batas isinya saya mendapat SRPI (Surat Rekomendasi dari Pemerintah Indonesia yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi).
Hari Senin, 29 Februari 2016, Lodge Visa Work & Holiday lewat AVAC. Ada 2 cara untuk Lodge visa, yaitu: Datang langsung dan via kurir. Kebetulan saya tinggal di Jakarta, saya memilih untuk datang langsung  ke AVAC dengan bawa segala kelengkapan dokumennya, dan membayar visanya langsung juga. karena kebetulan lagi sepi, Jadi cuma 10 menit selesai semua proses pengajuannya.
Hari Rabu, 2 Maret 2016, jam 9.00WIB pagi dapat email dr jakarta.students@dfat.gov.au isinya adalah HAP ID utk medical dan dan list rumah sakit dan dokter yang ditunjuk dari seluruh Indonesia, untuk melaksanakan medical.
Hari Kamis 3 Maret 2016 Medical Examination, dari jam 8.00WIB terlebih dahulu menelpon RS untuk making appointment, saya pilih RS Premier Jatinegara alasannya karena dekat dari tempat saya tinggal. Dapat jadwal jam 10.00WIB nanti ketemu dengan dokter Jenly. Jam 9.30WIB langsung datang ke RS yang telah ditunjuk Kedutaan, bareng nyokap (denger2 klo yang RS Bintaro trus diantar nyokap hasilnya bisa lebih cepat, malah ada yang cuma 2 jam). Klo di RS Jatinegara ternyata ga pengaruh, emang siy dokternya ngobrol ama nyokap, tp tetap aja hasilnya ga hari itu juga. Dokter bilang hasilnya 2 hari. Tapi besok udah bisa ditanyakan tentang hasil rontgen dada nya.
Hari Jumat 4 Maret 2016 jam 13.00WIB siang, saya nelpon RS Premier Jatinegara. katanya hasilnya bagus. Dan akan dikirim ke pihak kedutaannya langsung. Jadi saya tidak usaha mengambil hasil apa2 dari RS. Udah dikirim langsung dari Pihak RS ke kedutaan.
Hari Senin 7 Maret 2016 jam 13.00WIB Visa Granted. Thank's God Alhamdulillah.

Good luck..

My Life, My Adventure
Mari berpetualang dan travelling, tanpa ragu
Kunjungi juga Facebook saya Aldino Tanza Diningrat Miloen, follow twitter saya @aldinotanza serta instagram @aldinotanza.
Terima Kasih

Related Post

89 comments:

  1. Halo mas, mau tanya, kalau diliat dari timelinenya kok mas bisa membuat surat rekomendasi dulu di Ditjen Imigrasi sebelum melakukan tes IELTS? Bukannya scorenya harus dicantumin?
    Kalau visanya ungranted apa bisa coba lagi? Tenggat waktunya berapa lama? Kan sayang udah keluar uang yang lumayan. Thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. agak sedikit tricky siyh, cantumin aja score minimum pd waktu daftar Online yaitu 4.5 (walau sebenernya ini ga disaranin. Akhir2 ini seluruh prosesnya makin cepet, jadi lebih baik cari amannya, buat dulu IELTS nya, setelah itu baru daftar wawancara.
      Kalau semua requirementsnya lengkap, insyaALLAH granted koq.

      Delete
    2. Makasih mas, baru kebagian IELTSnya 30 Juli. Bwt masnya ud berangkat? Ke kota apa jadinya? Sukses ya mas. Makasih.

      Delete
    3. Maaf baru balas, iya sy udah berangkat dari akhir maret lalu..
      ke kota Sydney. Sampai saat ini masih di Sydney.
      Amiiin didoain sukses
      sama2 yach, km juga, semoga sukses dan sehat selalu pastinya..
      oke sama-sama

      Delete
  2. Permisi, numpang tanya.
    Untuk CV WHV ini harus bahasa Inggris yah? Saya sudah sampai ke akan memasukan data ke AVAC. Apa ada tips untuk pengisian formulis 1208 yah? Semisal Asuransi Kesehatan, saya belum punya asuransi kesehatan. Terima Kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. CV, klo bisa bahasa Inggris.
      Asuransi kesehatan klo ga punya, ga usah diisi gpp koq

      Delete
  3. Halo mas,
    saya mau nanya, kalu dokumen dikirim via kurir prosedurnya gimana? dan dokumen yang dilampirkan yang certified copy semua kan mas?

    thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dokumen mau dikirim via kurir?
      km buka link ini:
      http://www.vfsglobal.com/Australia/Indonesia/additional-services.html

      nanti, baca yang paling bawah!!

      kira2 tulisannya kya begini:
      Penjemputan dan Pengembalian Dokumen Melalui Pos – domestik (wilayah Indonesia)
      bla bla bla

      trus km download tulisan yang paling bawah(di link vfsglobal itu)

      dokumen yang km lampirkan foto copyan aja, (keeterangan lebih lanjut download aja yang aku kasih link td)

      Delete
  4. Wah sekarang harus bener bener IELST yaa..? Padahal dulu 2014 masih bisa pake TOEFL.. makin ketat ternyata..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gtu dech, menurut situs immi emg sekarang yg dipake IELTS..
      Pengalaman yg lain, walaupun udah ada TOEFL, teteup harus ikut IELTS lg

      Delete
  5. Kalo misalkan tabungan kita ga mungkin kan ya sampe 50jt. Dan orangtua juga ga mungkin jg kan ya 50jt trus gimana ya. Itu syarat mutlak ya utk kita supaya bisa granted visanya. Saya senang bgt baca2 pengalamannya dan juga hati menggebu2 banget tp liat saldo tabungan jd sedih hahahhah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mmm.. Klo misalnya tabungan kita ga cukup dan ortu juga ga cukup, kita bisa pinjam ke teman-teman atau ke sodara yang bisa kita kumpulin uangnya hingga 50 jutaan..
      Soalnya emg syarat mutlak dr ditjen imigrasi utk punya dana sekian.. Uang 50 juta, untuk ngeyakinin ke pihak imigrasi, klo kita ga akan terlantar pada bulan2 awal di Aussie..
      Minimal seenggaknya 3 bulan sebelum diinterview, udah mengendap uangnya..
      Klo visa udah granted kembaliin lg deh..

      Delete
  6. Replies
    1. You're most welcome mate.. 👍😀

      Delete
  7. hallo.. mau tanya donk..
    waktu daftar ke dirjen imigrasi kan cantumkan scorenya 4,5,, nah swaktu wawancara apakah tidak ditanya karena score sewaktu pendaftaran dengan hasil asli score ielts berbeda (4,5 dan 5,5)?. Lalu, saya lihat di timeline waktu pendaftaran wawancara sampai ada undangan wawancaranya butuh waktu sekitar 3bulan. sedangkan setelah reschedule jadwal wawancara cuma butuh waktu skitar 1 bulan saja. apakah ada kenalan orang dalam mas?? Terus, tolong infonya donk rincian biaya yang dikeluarkan dari awal pengurusan hingga keberangkatannya. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertanyaan pertama, berdasarkan pengalaman pribadi nilai ielts yg berbeda sewaktu daftar OL, ga ditanya..
      Aku jg wkt daftar OL tulisnya skor 4.5.
      Tp waktu test ielts skor aku diatas itu.. Pihak IMMI cuma ngecek kelengkapan berkas dan mengecek persyaratan yg harus dipenuhi.

      Pertanyaan kedua, mengenai jadwal wawancara, cuma pihak IMMI dan Tuhan yang tahu..hhehe
      Soalnya bisa dateng kapan aja..
      Pernah ada orang yg daftarnya siang hari, sorenya namanya ada di jadwal wawancara buat besok..

      Pertanyaan ketiga, mmm.. rincian yach..
      Aku ingat2 yach:

      Test ielts: 2.850.000
      Lodge ke avac: 4.769.500
      Medical: 760.000

      Delete
    2. hallo mas, mau nnya lg nih.. kmrn dapet info dari temen.. emang bner yah klo WHV gak bisa stay di 1 tempat lebih dari 6 bulan?? misalny klo ud di sydney 6 bulan, mesti pindah ke melbourne ato perth gtu min 88hr klo mw balik sydney lg?? km gimana???gtu jg ato ttep bs stay 1 tempat sampe visa habis??

      Delete
    3. Yang dimaksud adalah tempat kerjanya, jd maximal 6 bulan di 1 employee yang sama..
      Bukan staynya.. boleh aja klo km mau tinggal setahun di tempat yang sama..

      Delete
  8. Hallo, mau nanya donk.. swaktu daftar rekomendasi dari dirjen imigrasi cantumkan score ielts 4,5 yah? Trs wkt interviewnya apa tidak ditanya tentang score tersebut berbeda dengan berkas aslinya (score 5,5)? Tolong info rincian biaya jg yg dkeluarkan utk kpengurusan dari awal sampai kberangkatannya donk.. thank you.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah saya jawab di pertanyaan sebelumnya..
      with my pleasure..

      Delete
  9. Mas, boleh share atau email in ak contoh CV buat lodge ke AVAC ga?
    thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya oke, alamat emailnya apa @Miz Melody ?

      Delete
    2. Ini alamat email saya: aldino.tanza@gmail.com

      Delete
    3. mas tlg email ke sy jg donk nikolas_budiman@hotmail.com
      terima kasih. Salam Sukses

      Delete
    4. Sy pake cv biasa aja..
      Cv ga wajib, jd pke cv yang kamu buat gpp

      Delete
  10. mas, boleh minta contactnya gak?
    oh ya mas, kalo mau wawancara untuk SRPI harus di IMMI jakarta?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh, ke fb aja dlu: Aldino tanza diningrat miloen.
      Mengenai wawancara, tahun lalu Immi aktif goes to campus, wkt itu interviewnya langsung di kampusnya, jd ga mesti di Jakarta..
      Tp tahun ini immi belum ngadain goes to campus lagi, jd ya untuk dapetin Srpi interviewnya di ditjen imigrasi, kuningan - Jakarta Selatan

      Delete
  11. Halo Mas Tanza,
    Mau tanya, kalo cari part time kerja di sydney peluangnya gmn? Lalu, biasanya mereka kan mau yg sudah ad working exp, mgkin ada tips and tricknya?
    Terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Peluangnya kerja besar banget.
      Yang penting km sampe kesini dlu..
      Mengenai working experience, banyak juga koq lowongan kerja yg "no experience needed"

      Coba cari di :
      www.gumtree.com.au
      Atau di
      www.seek.com.au

      Delete
    2. Hallo juga, sorry yach klo bru balas

      Delete
    3. Terima kasih infonya!
      Mau tanya lagi, kalo tujuannya cari dollar, lebih baik kerja dmn ya? Apakah melb saja?

      Terima kasih..

      Delete
    4. Melbourne agak susah cari pekerjaan, menurut temen2 whv yang lain siy..
      then, klo km tujuannya cari dollar, km pilih bagian Northern Australia, klo bisa yang diatas tropic of capricorn. Soalnya km bisa apply second year visa untuk subclass 462, dengan persyaratan setelah bekerja di wilayah tersebut selama 88 hari, atau 3 bulan. km udah jelas, atau ada yang masih blum jelas?

      Delete
    5. Wah terima kasih Ka. Syarat apply 2nd year jika kerjanya hanya disana saja? Katanya kalo kerja di farmer slma 6 bln juga bs extend set thn lg ya Ka?
      Misalkan Ka mgkin antara melb,syd,perth,brisbane, peluang utk cari kerja dan living expense yg lbh murah dmn ya Ka jd bs saving more?

      Terima kasih banget ya Ka infonya!

      Delete
    6. Iya klo mau apply second year, ya kerjanya selama 88 hari atau 3 bulan.
      Di wilayah, salah satunya: all Nortern Teritory (NT), some parts of queensland (only at above tropic of capricorn), and some parts of western australia (also only at above tropic of capricorn)
      Klo peluang kerja, setahu aku siy di sydney banyak.. cuma Living expensenya agak mahal..
      Kota2 yg lainnya aku kurang tahu, tp denger2 siy..
      Klo mau yang living expensenya lebih murah ya tinggalnya di daerah northern australia

      Delete
    7. Thank youu Ka!
      Mau tanya lg Ka..
      Utk extend visa nya itu kita ttp harus balik lg ke indo?
      Dan nanti dr tmpt job kita akan dikasi tanda bukti bahwa kita sdh pernah kerja dsana?

      Lalu Ka, mau tnya juga. Better kita apply kerja pas di indo atau ktika sudah smpai di aus?
      Kemudian, boleh ga Ka, misal baru kerja 2 bln, sudah cuti selama seminggu gitu (utk kerja di city)?

      Terima kasih banyaak yaa Ka...

      Delete
    8. Tergantung conditions di Visa kamu, klo ditulisnya "No Further Stay" berarti km haru pulang ke indo dlu setelah abis visa whvnya..
      Tp klo ga ada tulisan itu, km bisa apply di Aussie tanpa harus pulang ke Indo..

      Apply, bebas dimana aja, tp better kamu applynya ketika udh di Aussie, soalnya klo ada interview bisa langsung datang..

      Klo cuti, aku kurang tahu, kayaknya klo casual ga bisa dech..
      Km harus full time

      Delete
  12. Salam mas, mau nanya mgkn sedikit out of topic hhe.., saya pernah dengar kalo ada agen yg bisa membantu kita untuk pengurusan visa whv dsb dan mmg terdftr di australia sana. Apakah menggunakn jasa agen tersebut jg bisa membantu kita mencari kerja saat berada di australia ? Dan kira" brp biayanya. Mohon infonya. Thanks.

    ReplyDelete
  13. Agent whv?
    Sya ga pke agent, jd ga tahu mengenai brp biayanya, dan apa bisa agent tsb membantu cari kerja dsini apa ga?!
    Saya jalani sendiri, semua tahap2 demi tahap..
    Utk pengurusan whv.. saran saya, sendiri aja, gampang koq.. jd tanpa biaya tambahan.. saran aja lho..

    ReplyDelete
  14. nanya dong, dari lodge di AVAC smpe dapat email HAP ID untuk medcheck brp lama ya? thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dr lodge sampe dpt email HAP ID, saya nunggu 2 hari..
      Hr senin lodge, hr rabu paginya udh dikirimin email yg isinya Hap id buat medcheck.

      Delete
  15. Hi mas tanza, sy lg persiapan ielts ni dan bakal ngmbl tesnya di IDP. Kalo yg jenis general training bs dipake ga untuk whv mas?

    Trus pertnyn kedua, gmn cr kt buat ngecek apakah kuota 1000org sdh terpenuhi atau blm? Krn kalo kt uda ushain, tp kuota ud full, bakal syg bgt dgn waktu yg ud dihabisin untuk apply ini. Mohon jwbnnya mas. Thanks before.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang pertama, Iya utk whv, yg general training bs dpake..
      Saya juga wktu itu testnya yg general..

      Yg kedua, cara ngeceknya, liat di situs www.imigrasi.go.id , pilih menu yg rekomendasi visa bekerja dan berlibur, trus pilih tab pengumuman..
      Liat list yg dapetin surat rekomendasinya, tiap juli di reset dr nol lagi..
      Nah dr juli ke oktober 2016, udah ada 328 orang yang dpt surat rekomendasi.. jadi perkiraan udh 300 an orang.
      Masih sisa kurang lebih 700. Sampai juli tahun depan

      Delete
    2. Thanks mas untuk infonya, saya mau mnta contoh cv nya mas boleh? kalo blh, tlg diemail ke theacejihyo@gmail.com ya mas. Thanks

      Delete
    3. CV yang biasa aja,bukan persyaratan wajib CV mah..
      Aku lg ga di depan laptop, contoh cvnya blm dicari lg

      Delete
    4. hi,Mas Tanza! Mau tanya,mas soal test IELTS nya, academic atau general training ya yang harus diikuti testnya? thank you

      Delete
    5. Hai juga..
      Bebas, mau yang general ataupun Academic..
      Dua2nya bisa koq..
      Tp klo mau yang gampang, ya yang General aja pilihnya..
      Klo academic fokusnya, buat apply student..

      Delete
  16. Mas mau tanya, pertama setelah sampai ausie kita cari kerja sendiri atau gmn?
    Trus ada gk grup yg kusus buat kita yg mau WHV ke ausie dari mulai nyari visa sampek udh sampek di ausie ?

    ReplyDelete
  17. Setelah sampe Aussie kita cari kerja sendiri..
    -Biasanya lewat internet:
    www.gumtree.com.au atau www.seek.com.au
    -ataupun km bisa langsung datengin dengan jalan2 keliling city, biasanya suka ditempel didepan pintu klo mereka butuh karyawan, kayak misalnya direstoran2 atau kafe2.
    -ataupun koneksi dr teman2 yang udh lebih dlu sampe di Aussie..

    Klo grup WHV, ada bbrp di FB, namanya:
    WHV Indonesia
    Whv indonesia regional life
    Whv indoaus
    klo grup fb yg utk wilayah Sydney, namanya: The Rock

    Oke good luck ya

    ReplyDelete
  18. Permisi Kak,registrasi untuk membuat surat rekomendasi via situs Ditjen Imigrasi nya blh d jelasin ga kak caranya gimana? Soalnya aku udh coba mau daftar tp kok ga ada pilihan yg buat visa WHV.
    Oia kak untuk CV WHV ini harus bahasa Inggris?? Boleh ga k tolong email ke aku contoh CV WHV nya. Makasih :)

    ReplyDelete
  19. Permisi Kak, registrasi untuk membuat surat rekomendasi via situs Ditjen Imigrasi bisa dijelasin detail ga kak caranya gimana? Soalnya aku udh coba daftar via online tp ga ada pilihan untuk visa WHV.
    Oia kak sama CV yg buat ke AVAC harus pake bahasa inggris ya kak? Aku blh minta contoh CV nya itu ga kak by email?
    Maksih :)

    ReplyDelete
  20. Udah sy balas lewat messenger yach..
    Ini link nya:
    http://www.imigrasi.go.id/index.php/layanan-publik/rekomendasi-visa-bekerja-dan-berlibur

    ReplyDelete
  21. Kak kalo sy nga test ielts tapi minta surat pernyataan dr kampus bisa ga? Soalny dulu kuliah ny bahasa pengantar inggris

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu jawab. Kuliah sy jg pengantarnya inggris. Tp stau sy kalo mau ke LN ttp hrs ada sertifikasi bhs. Kcuali kampusnya memang terdaftar internasional.

      Delete
  22. Setahu aku siy, yang udah-udah, tetep disuruh ielts juga..
    Kecuali kamu kuliahnya diluar negeri, pake pengantar bahasa inggris..
    Tes Ielts aja, gpp..

    ReplyDelete
  23. Hallo mas Tanza,
    Mengenai reschedule wawancara, apakah itu udah pasti diizinin ya?
    Sekarang saya masih tinggal di jerman, rencana daftar wawancara dri sini, takutnya dapet jadwal wawancara sebelum sya balik ke indo dan sya jga gak bisa pulang dadakan ke indo. Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Angela..
      Saya jadi keinget, tahun lalu kira2 bulan juli awal, saya juga daftar OL, sewaktu lgi di Jerman..
      Kapal saya, sedang bersandar di pelabuhan daerah Hamburg..
      Saya masih kerja di kapal pesiar waktu itu..
      Izin itu khan saya tahun lalu, saya engga tahu siy kalo utk tahun ini kayak gimana., bisa aja pihak imigrasi punya regulasi yg beda..
      Jadi menurut saya, lebih baik kamu apply Onlinenya, pas kamu di Indo aja..
      Khawatir, jadwal wawancara akan diadain dalam waktu dekat setelah kmu daftar Online..karena sekarang makin banyak orang yang daftar..
      Dan saya denger juga, kuota utk tahun ini udh memenuhi 1000 orang yg dapat surat rekomendasi dari pemerintah Indonesia.
      Jadi, klo kamu mau daftar, tunggu bulan juli tahun 2017.
      Karena kuota di reset setiap bulan Juli..
      Kamu kapan balik ke Indo nya?
      Oke, good luck Angela.. 🙏🙏🙏😉

      Delete
  24. Hai mas,

    Mau tanya donk, kalo misalnya kita langsung bawa dokumen untuk register ke Kuningan-Jakarta untuk register & dapetin surat saktinya, itu bisa gak ya ?
    Soalnya saya register udah 2 bulan dan gak ada panggilan interview.

    Saya dari luar Jakarta sihh.
    Kalo emang bisa, saya meluncur nihh ke Jakarta.
    Pernah ada info sebelumnya ? Atau ada pengalaman lain ?
    Thankyou :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Prosedurnya tetep siy kita harus nunggu nama kita ada di jadwal interview dari pihak imigrasi..
      Coba aja kamu register lagi lewat Online..

      Delete
  25. Hi Tanza,
    Mau tanya... kalau misal nya kita Lulusan LN (pernah kuliah di Aussie) apa perlu melampirkan hasil IELTS juga saat wawancara ?
    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo lulusan Aussie enggaperlu melampirkan ielts setahu saya..
      Tapi kmu lampirin aja ijazah, atau bukti bahwa km lulusan Aussie..
      Oke good luck

      Delete
  26. maaf mas mau tanya,
    saya selalu ditolak jika mau join di grup WHV Indonesia dan sekarang malah diblock dari grup, padahal join juga belum,
    kok sampe segitunya kenapa sih? saya kan cuma mau nyari info.

    ReplyDelete
  27. Waduhh.. bray.. Saya engga tau klo ttg itu..
    coba km hubungin adminnya langsung, atau kmu pke akun fb lain (misalnya: pke nama asli km)
    Oké

    ReplyDelete
  28. Gan ada nga yg pernah visanya di tolak pas udah ke avac , trus ada nga pas yg medical chek up nga lulus ?? Gimana kalo gt ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada, salah satunya krn ijazahnya palsu..

      Yg medical juga ada, tp bukan ditolak, biasanya dsuruh perawatan dlu, klo ada Bercak TB misalnya, dsuruh penyembuhan sampai 6 bulan

      Delete
  29. kak, tanya donk.. saya tinggal di surabaya, untuk tes ielts nya ada lembaga khusus yg hasilnya bs diterima dan ada yg tidak atau bisa ambil tes ielts dimana aja terserah?

    ReplyDelete
  30. Rekomend aku, kmu test ielts diantara 3 lembaga resmi:

    British council
    IALF
    IDP

    Telpon satu2 lembaganya, tanya apa ada buka cabang di surabaya, atau ada yg kerjasama dgn lembaga lain?
    Yach

    ReplyDelete
  31. Permisi mas. Mau nanya ttg surat keterangan dr bank. Saldo AUD5000-nya itu harus banget minimal 3 bulan ya? Itu permintaan dari bank-nya apa dari imigrasi?
    Terimakasih banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Permintaan dari Imigrasi Indonesia dan Imigrasi Australia..
      Klo mau yang kurang dari 3 bulan, kamu gk perlu melampirkan rekening koran, cukup dengan bank statement aja.. Jdi gk ketahuan udah berapa lamanya uang 50 juta nya mengendap di rekening Kamu. :)

      Delete
  32. Mas mau Tanya Apakah buat dpt Surat rekomndasi itu harus interview di jkt ya,, Apakah bisa interview di bali? Soalnya saya stay di bali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf ya baru bls, bru OL lagi. :)

      Utk pertanyaan kamu, mengenai interview immi, sebenarnya pd 2 tahun lalu ada interview goes to campus..jd immi dtng ke kampus2 yg ada di kota2 besar di indonesia..
      Namun untuk saat ini, aku belum dengar lagi mengenai interview di bali.. setahu aku masih di jakarta..

      Delete
  33. Maaf mas mau nanya. Buat ngurus WHV ini tahap awalnya registrasi online di web imigrasi apa download formulirnya aja trus dianter ke imigrasi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf ya baru bls, bru OL lagi. :)

      Tahap awalnya register Online di web imigrasi, tujuannya untuk mendapatkan surat rekomendasi pemerintah indonesia (srpi). Klo udh dapat surat sakti ini, baru deh apply ke avacnya

      Delete
  34. Kak mau tnya. Itu memang bs minta reschedule jadwal interview? Saya udah daftar tapi tes ielts tgl 29 bulan ini. Tkt dipgl dalam waktu dekat. Apa memang kl dipgl kita bs reschedule? Mohon balasanya dikirim ke jekry_lusman17@yahoo.com jadinya saya jg bisa tnya2 kakak. Terimakasihvbanyak kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf ya baru bls, bru OL lagi. :)

      Jarang balas email..

      Utk reschedule, sebaiknya tanya ke pihak interviewernya, biasanya suka dpt email klo dipanggil interview

      Delete
  35. Halo selamat siang Mas, makasih utk tulisannya :)
    Saya mau tanya mas, saya saat ini sdg nunggu jadwal wawancara, nah kemarin saya sudah cetak bank statement juga. Pertanyaan saya, misalnya saya baru dipanggil wawancara 3bln lg, haruskah saya cetak bank statement lagi? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf ya baru bls, bru OL lagi. :)

      Sebaiknya cetak bank statement, setelah kamu dpt kabar interview, supaya lebih meyakinkan pihak Immi..

      Delete
    2. halo kak eka fitriyani, boleh sharing gak waktu minta surat rekomendasi, rebutan gak pas day 1? soalnya aku baca tahun ini sampe 4ribu an yang apply, pengen bgt nih tapi gambling takut nya nge skip s2 cuma buat ini eh tau2 nya ke dahuluan org gara2 internet lemot atau kalah 5 detik sama 1000 org yang lainnya

      Delete
    3. Tahun ini memang membludak calon pesertanya..
      Klo sewaktu saya, masih sepi Mustika..
      Contoh waktu lg interview, wktu itu kira2 yg dipanggil ada 100 orang, tapi yang datang cuma 50 an orang..

      Delete
  36. Hallo mas.. Makasih bgt infonya ya. Saya mau tanya mas, sewaktu medical check up apakah ada pemeriksaan tentang gigi, berhubung saya ada pakai gigi palsu karena saya pernah kecelakaan. Apakah itu menjadi penghalang ya mas? Dan apakah asuransi kesehatan kita diperlukan untuk mengajukan visa ini? Karena saya ada baca blog lain, katanya asuransi kesehatan kita juga diperlukan.

    Mohon pencerahan ya mas. Makasih banyak����

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf ya baru bls, bru OL lagi. :)

      Mengenai pemeriksaan kesehatan, utk gigi gk diperiksa, yg penting bagian dalam, misalnya: paru2 dan tes urine.
      Asuransi kesehatan sifatnya conditional aja, jd klo menurut kmu perlu, ya boleh disertakan..

      Delete
  37. Permisi mas tanza, kalo untuk bank statement sndiri berlaku berapa lama ya? Soalny saya dapat panggilan interview tgl 16 agustus ,krn saya domisili di bali jadi saya berencana bikin bank statement d balo. Tapi saya brgkt ke jakarta ny 1 minggu sebelum jdwal interview. Apakah masih berlaku bank statement nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf ya baru bls, bru OL lagi. :)

      Bank statement setahu aku, gk ada masa berlakunya..
      Cuma utk lebih meyakinkan imigrasi, sebaiknya buat bank statement paling jauh 1 minggu - 1 hari sebelum interview

      Delete
  38. seru banget ya mas bisa kerja sembari liburan di Aussie. oh iya mas, klo IELTS dari tahun kemaren masih bisa dipake gak misalkan saya mau apply Januari 2018? tes IELTS-nya Sept 2016

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya sewaktu apply, paling tidak masa berlaku ielts adalah 1 tahun sebelum habis ya..

      Delete
  39. mas tanza, sya boleh mintak cv buat form 1208? email iqbal.wyudi@gmail.com

    makaih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cv aku terselip Iqbal..
      Tapi nothing special koq untuk cv, kamu bikin cv seperti biasa aja ya..😁

      Delete
  40. Maap sebelumnya, pertanyaan saya agak melenceng Dari topik, sekarang masi stay di Sidney? Tentang pekerjaan ni, pertanyaan says, bagusnya pick kerja (Waiter,kitchenhand,perkebunan(petik buah),Glassy), Dan gajinya kira" brp ya per hour?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang saya di indo..
      Klo pilihan kerja sama saja, tergantung passionnya kamu..
      Klo untuk gaji, berbeda2 standar gajinya pada tiap2 daerah..
      Klo kamu ke kota sydney di NSW misalnya, untuk rate gajinya agak kecil kira2 Aud$17.40-Aud$20
      Klo kamu ke Northern territory, rate gajinya antara Aud$20-25

      Delete