Dropdown Menu

Billionaire ads

Monday, April 25, 2016

5 Hal Yang Harus Dilakukan Pertama Kali Ketika Sampai di Australia

Sumber: www.google.com
Sumber: www.google.com
Hari ini tepat 25 hari saya berada di negara Australia, tepatnya di kota Sydney, hari ini merupakan hari pahlawan disini, atau lebih tepatnya Anzac Day, yang diperingati setiap tanggal 25 April. Berhubung saya libur kerja karena ada public holiday, jadi saya menyempatkan untuk menulis. (maklum biasanya males nulis..hhohhoho).


Langsung aja, Dibawah ini 5 Hal menurut saya yang Harus Dilakukan Pertama Kali Ketika Sampai di Australia..


1. Mencari akomodasi

Kamar saya pertama kali tiba di Sydney

Sebenarnya kamu bisa aja mencari akomodasi sebelum berangkat ke Aussie,
  • bisa mencari koneksi teman atau kerabat yang memiliki tempat tinggal di Aussie
  • mencarinya lewat internet www.flatmates.com.au
  • Mencari lewat internet www.gumtree.com.au
  • Datang langsung ke penginapan, seperti hotel, hostel, rent house, rent room, dll.
Yang saya lakukan adalah, saya memilih mencari akomodasi sebelum berangkat ke Aussie, yaitu menghubungi orang yang kita kenal di Indonesia lalu menanyakan ketersediaan tempat untuk tinggal. Jadi akan lebih pasti untuk bisa langsung dapat tempat tinggal nantinya. Biaya sewa kamar bervariasi ada yang AUD$125 - AUD$300/week. Klo hotel dan hostel biasanya AUD$25 per malam, harganya pun bervariasi.

2. Membeli Sim Card Aussie
 Ilustrasi gambar, source: www.google.com
Berhubung saya memiliki visa untuk dapat tinggal selama setahun (12 bulan) di Aussie, jadi saya memutuskan untuk membeli Sim Card atau nomor telepon lokal. Bermacam-macam merk Sim Card disana ada Optus, Telstra, Vodafone, dll.

3. Membuat Tax File Number (TFN)
Tax File Number (TFN)
Tax File Number (TFN) adalah Nomor Pajak yang sangat digunakan ketika km melamar pekerjaan, TFN ini fungsinya sama halnya dengan NPWP klo di Indonesia. Seperti halnya nomor pokok wajib pajak di Indonesia. Akan tetapi bila kamu mendapatkan pekerjaan dengan metode pembayaran Cash in Hand sudah bisa dipastikan tidak membutuhkan TFN ini. TFN dipakai jika kamu melamar pekerjaan dengan sistem pembayaran gaji melalui rekening bank. Dari yang saya dengar, klo kamu tidak mempunyai TFN, pembayaran pajaknya akan jauh lebih besar ketimbang orang yang mempunyai TFN saya tidak tahu pasti berapa persennya. Jika kamu punya TFN nantinya gaji kamu akan langsung dipotong pajak oleh perusahaan ditempat kamu bekerja. (Dan Uang pembayaran pajak kamu bisa di claim setiap bulan Agustus, katanya lho, soalnya saya belum pernah claim..hhohho). TFN bisa kamu dapatkan dengan cara mendaftar melalui Online. Jadi ga perlu pusing datang ke kantor pajak dan ga usah mengantri juga, cukup duduk manis didepan laptop atau pc, buka Websitenya www.ato.gov.au langsung apply TFN dengan mengisi biodata serta nomor paspor dll. Pengajuan TFN ini memerlukan alamat tinggal kamu di Australia. Karena nantinya TFN kamu akan dikirimkan melalui Pos ke alamat tersebut maksimum 28 hari kerja. Tapi waktu itu saya cuma seminggu dapat kiriman TFN nya melalui pos.

3. Membuka Rekening tabungan di Bank
Nomor Rekening Tabungan

sumber www.google.com
Sesampainya di Aussie boleh cari dan langsung kunjungi Bank terdekat dimana tempat kamu tinggal,  kamu bisa langsung mendaftarkannya disana. Ga lama koq! pastinya akan dibantu oleh Customer Service di bank tersebut. Jangan lupa bawa paspor kamu, akan mengisi biodata dan alamat. Nanti setelah daftar kamu akan dikirimkan kartu atm dalam waktu kurang lebih seminggu.

Kartu ATM
Tidak ada buku tabungan, yang ada hanya nomor rekening dan kartu ATM saja. Kalau mau cek rekening, transfer ataupun melakukan transaksi lainnya kamu tinggal buka secara online aja atau bisa juga lewat aplikasi di hape. Terdapat bermacam-macam bank di Australia, ada Commonwealth, ada Nab, ada ANZ, ada Westpac. Tinggal kamu pilih yang diinginkan!

4. Membeli Kartu Akses perjalanan transportasi
Kalau kamu datang ke Australia untuk pertama kalinya dan belum memiliki kendaraan sendiri, bagi yang menggunakan sarana transportasi umum, sangat disarankan untuk membeli kartu perjalanan transportasi yang bisa dipakai untuk menggunakan kendaraan umum seperti kereta, bis, trem, serta kapal Ferry. Karena kalau beli tiket sekali jalan harganya jauh lebih mahal. Kartu perjalanan ini sifatnya bisa diisi ulang di toko-toko yang menyediakan layanan isi ulang kartu perjalanan transportasi ataupun di loket2 mesin automatis yang terdapat di seluruh stasiun di Australia. Berikut ini Macam-macam kartu perjalanan yang berlaku berdasarkan kota-kota yang ada di Australia:

a. Sydney

Macam-macam kartu Opal. (Sumber www.google.com)
Dikota ini menggunakan kartu Opal untuk menggunakan transportasi umum seperti kereta, bis, trem, dan kapal Ferry. Terdapat 4 jenis kartu Opal: Dewasa, anak-anak, lansia (pensiunan), pelajar. Bagi kalian pengguna smartphone, bisa mengunduh aplikasi Opal Travel di Play store. Aplikasi ini memberikan info tentang harga, rute, time table, dan moda transportasi apa yang bisa kita gunakan untuk melakukan perjalanan. untuk situs resmi dari Opal card disini atau disini

b. Melbourne

Myki Smart Card (sumber www.google.com)
Berhubung saya tinggalnya di Sydney, jadi saya tidak tahu pasti mengenai kartu Myki ini, namun berdasarkan blog jalan2melbourne.blogspot.com:
Myki Card yg berwarna hijau ini harganya 6 Dollar Australia untuk yang Full Fare dan 3 Dollar Australia untuk anak-anak antara umur 4 s/d 16 tahun. Untuk anak di bawah umur 4 tahun anda tidak usah beli card, alias gratis. Hal yang disebut sebelumnya hanya harga untuk kartunya saja, untuk bisa bepergian anda harus top up, atau isi ulang card tersebut. Berapa harga yang harus anda bayar untuk Top Up? Di Melbourne daerahnya dibagi dalam Zone 1 dan Zone 2. Zone 1 biasanya untuk daerah sekitar kota Melbourne dan pinggiran kota Melbourne. Zone 2 untuk daerah yang lebih jauh lagi dari Zone 1. Anda sebagai turis biasanya tidak akan pernah pergi jauh dari Zone 1, jadi coba anda top up dengan harga Zone 1 saja.
Sebagai patokan harga untuk 2 jam naik kereta, bis dan tram di Zone 1 untuk yang full fare sekitar 3.50 Dollar Australia dan untuk anak-anak sekitar 1.75 Dolar Australia. Untuk harga seharian naik tram, bus dan kereta api di Zone 1 harganya sekitar 7 Dollar Australia untuk yang full fare dan untuk anak-anak 3.50 Dollar Australia. Untuk lebih jelasnya silahkan klik situs resminya disini.

c. Brisbane
Go Card (Sumber www.google.com)
Go Card merupakan kartu elektronik yang bisa digunakan untuk bepergian dengan moda transportasi bis, kereta, trem, serta kapal Ferry. Sama seperti Kartu Opal, kartu ini juga terbagi dari 4 jenis, yaitu: Dewasa, anak-anak, senior, serta (pelajar, pensiunan, veteran). Kartu Go Card ini dipergunakan di wilayah tenggara Quensland. Info lebih lanjut mengenai go card ini, silahkan klik situs resminya disini

d. Adelaide
 
Metro Card  (Sumber www.google.com)

Kartu Metro Card digunakan di kota Adelaide sebagai alat ganti pembayaran publik transportasi disini, terdapat 4 jenis kartu Metro Card, yaitu: Warna biru untuk regular atau orang yang tidak mempunyai concession ataupun student, lalu warna Oranye atau jingga digunakan oleh para pelajar, warna hijau digunakan oleh pemegang concession, yang terakhir warna putih adalah untuk Seniors card dipegang oleh orang yang sudah berusia 60 tahun keatas dan yang tidak bekerja lebih dari 20 jam per minggunya. Info lebih lanjut mengenai Metro Card ini, silahkan klik situs resminya disini.

e. Perth 
Kartu Smart Rider (Sumber www.google.com)
Sama seperti kota-lainnya yang menggunakan kartu perjalanan, di Perth kartu perjalanan pengganti tiket dikenal dengan nama Smart rider. Kartu ini bisa dipakai untuk penggunaan pada sistem transportasi di Perth atau transperth, yang terdiri dari transportasi bis, kereta dan kapal ferry. Pengguna smart rider dapat memasukkan saldo ke dalam kartu tersebut dan menggunakannya untuk membayar ongkos perjalanan. Kartu ini bersifat isi ulang, jadi ketika kredit pengguna sudah habis, bisa diisi ulang. Cara penggunaan smart rider adalah sama dengan kartu-kartu perjalanan lainnya, yaitu dengan menyentuhkan Smart Rider di depan sensor yang ada di setiap bis, ferry atau stasiun setiap kali pengguna naik dan turun dari kendaraan. Untuk informasi lebih lanjut mengenari Smart Rider, silahkan klik situs resminya disini.

5. Mencari Kerja
Sumber gambar: disini
Dalam rangka menghidupi biaya kehidupan sehari-hari, sangatlah wajib untuk kita dalam mencari pekerjaan sedini mungkin setibanya di Australia. Sehingga uang dollar Oz yang kita bawa dari Indonesia akan banyak tersimpan. Meskipun ada banyak lowongan kerja setiap harinya terutama di internet. Tidak bisa kita prediksikan apakah kita akan dapat kerja secara mudah. Kita bisa cari melalui situs GUMTREE, atau SEEK selain itu bisa juga melihat dikoran maupun majalah-majalah disana. Atau jika tinggal di kota, bisa langsung datang dengan memberikan CV ke tempat yang sedang membuka lowongan pekerjaan. Jika beruntung teman kenalan pun bisa menawarkan informasi mengenai lowongan pekerjaan.
Sumber gambar: disini
Pada umumnya Pekerjaan yang ditawarkan biasanya casual dan paruh waktu. Ga menutup kemungkinan juga bisa dapat yang full time.
Demikianlah 5 Hal yang saya lakukan ketika pertama kali sampai di Australia.

Good luck..

My Life, My Adventure
Mari berpetualang dan travelling, tanpa ragu
Kunjungi juga Facebook saya Aldino Tanza Diningrat Miloen, follow twitter @aldinotanza serta instagram @aldinotanza. Path: @Tanza Aldino Miloen
Terima Kasih

Related Post

6 comments:

  1. Makasih untuk informasinya kaka. Kalau memungkinkan boleh berbagi pengalaman mencari pekerjaan di Australia. Saya baca di beberapa artikel dan nonton video di YouTube mencari kerja di sana susah-susah gampang. Menentukan bulan kedatangan ke sana pun penting.

    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya mencari kerja untungan jg dapetnya..

      Mencari kerja disini emg benar gampang2 susah..
      Musim winter yang agak susah, yaitu bulan Juni-Agustus..
      Jadi klo mau datang kemari, yach setelah bulan Agustus

      Delete
  2. Mantap bro.. tips yang tepat dan ringkas :-)

    ReplyDelete
  3. Harusnya enam lho, nomer 3-nya dobel..
    Anyway, nice article 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teliti banget siy kmu.. hhehe 🤔😄
      Makasih ya, udah di koreksi..
      Kritik dan saran saya terima..

      Delete