Dropdown Menu

Billionaire ads

Sunday, July 24, 2016

Tahap Demi Tahap Untuk Mengajukan Tax Return Australia secara Online


Sumber Gambar (disini)
Kesibukan kerja dan Jalan-jalan, membuat saya jadi terhambat dalam menulis terkait tax return Australia ^_^.
Juga salah satunya disebabkan karena keterlambatan saya dalam mendapatkan lembaran PAYG Summary dari perusahaan tempat bekerja. Tanggal 18 Juli 2016 saya menerima PAYG Summary dari company.

Langsung aja kita ke pointnya, dibawah ini!
Tax Return apa artinya siy? Klo diterjemahin secara harfiah, artinya "pengembalian pajak".Pengertian Tax Return Australia menurut Wikipedia, klik disini.
Nah, bagi siapapun yang kerja di Australia dan gajinya ditransfer melalui rekening bank, bukan melalui Cash on hand lho..! tp yang digaji melalui bank account, Pasti akan dikenakan pajak setiap kali gajian. Pajak itulah yang bisa kamu claim untuk tax return. Selama penghasilan kotor kamu ga lebih dari AUD$ 18.500, pajak yang kita bayar bisa didapatkan kembali koq. Tax return yang berlaku dimulai dari 1 July-30 Juni tahun berikutnya. Setiap tahun seperti itu. Berdasarkan situs www.ato.gov.au Tax return bisa di lodge mulai tanggal 1 July s/d tanggal 31 Oktober, klo lewat dari tanggal 31 Oktober bisa ga? Bisa aja tapi harus melalui registered tax agent. Mumpung bulan Oktober masih jauh, yuk lodge tax return sendiri. Waktu yang terbaik sih berdasarkan situs ATO disini antara bulan Agustus - September, katanya lebih sedikit antriannya dan lebih cepat. Tapi berhubung sekarang udah bisa, kenapa ga dari sekarang aja.! Monggo.

Pertanyaan yang paling gampang diajuin adalah, gimana caranya buat lodge tax return klo belum pernah sama sekali? Nah, sebenernya ada 3 cara untuk lodge tax return:
yang pertama, via online
yang kedua, via paper tax return form 
yang ketiga, via registered tax agent 

Yang akan saya bahas disini adalah lodge tax return via Online.

Bagi yang baru pertama kali Lodge tax return, tahap-tahapnya adalah:
  1. Punya lembaran PAYG yang didapat dari employer
  2. Bikin akun di myGov
  3. Telpon Customer Care ATO dengan nomor 13 28 61 untuk mendapatkan linking code dari akun myGov ke ATO
  4. verifikasi serta input data dan angka-angka terkait tax return melalui myTax
  5. Menunggu kurang lebih 2 minggu, thats it
Cukup mudah menurut saya, yang penting kamu harus sudah mendapatkan PAYG payment summary dari perusahaan tempat kamu bekerja, berisi informasi mengenai pendapatan kotor (gross income), total tax withheld, serta payer's details. Klo udah dapat, kamu harus buat akun di http://www.my.gov.au

Mari kita uraikan satu persatu tahapan-tahapannya, sbb:

1. Punya lembaran PAYG yang didapat dari employer
PAYG payment summary atau kepanjangan dari rangkuman pembayaran Pay As You Go, adalah rangkuman pembayaran yang didapat dari employer kita. Berdasarkan situs Wikipedia pengertian PAYG, klik disini. Klo menurut ATO, klik disini. Pada lembaran PAYG tertulis:
  • detail nama kita sebagai karyawan, alamat, serta TFN (Tax File Number)
  • Pendapatan kotor (gross income)
  • Jumlah total tax withheld yang bisa kita dapatkan
  • detail nama perusahaan atau employer serta ABN (Australian Business Number) nya 

Contoh PAYG Payment Summary

2. Bikin Akun di myGov

Contoh tampilan situs myGov
 Tahap kedua, klo udah punya PAYG, kamu harus bikin akun di www.my.gov.au. gampang aja buatnya cuma input nama, alamat email, sama nomor HP. Akun myGov ini nantinya akan di link kan ke ATO. Gimana cara linking nya? ikutin aja tahap selanjutnya.
Tampilan ketika sdh login

 Klo udah daftar dan login, tampilannya akan seperti gambar diatas. Lalu klik menu Services, kotak hijau yang bergambar rantai.
Tampilan pada menu Services
Pada menu Services seperti gambar diatas, terdapat bermacam2 layanan pilihan, beserta statusnya unlinked/linked. Yang akan kita bahas disini adalah pilihan pada Australian Taxation Office (ATO), untuk lodge tax return kamu harus link kan akun myGov kamu ke Australian Taxation Office (ATO). Kita harus mengubah status unlinked menjadi linked, supaya akun myGov km terkoneksi dengan ATO. Yang kita butuhkan untuk bisa link dengan ATO adalah linking code, untuk mendapatkan linking code tsb kita harus menelpon Customer Care dari ATO, lebih jelasnya lanjut ke tahap selanjutnya.

3. Telpon Customer Care ATO dengan nomor 13 28 61 untuk mendapatkan linking code dari akun myGov ke ATO
 
Pilih yang I have a linking code
Berikutnya pada tahap ketiga ini, untuk dapetin linking code dari ATO, kita harus nelpon Call centernya dengan nomor 132861 dari, Sebelum nelpon baiknya siapin data2 seperti:
a. Tax File Number (TFN)
b. Nomor Paspor
c. Alamat yang sama dengan sewaktu buat TFN
Semuanya dibutuhkan sewaktu verifikasi data guna mendapatkan linking code tsb. Lebih jelasnya klik disini.
Masukkan nomor TFN dan linking code yang didapat sewaktu nelpon CSR
Setelah itu ada keterangan  (you have successfully linked Australian Taxation Office to your myGov account, tampilannya akan menjadi seperti gambar diatas)
 4. Verifikasi serta input data dan angka-angka terkait tax return melalui myTax
Klo udah sukses terlinking antara ATO ke akun myGov kita, langsung klik linknya dan masuk pada tahap berikutnya,
Klik aja lodge myTax
Pada tahap keempat ini, verifikasi serta input data dan angka-angka terkait tax return melalui myTax yang dibagi menjadi beberapa bagian,diantaranya:

Terbagi menjadi beberapa bagian
a. Contact Details, berisi data-data No. Mobile Phone, E-mail, dan Alamat Residential juga alamat Pos. Kita hanya diminta memastikan aja, apakah data yang tertulis sudah benar adanya, klo memang ada perubahan, bisa diedit.

b.  Financial Institution Details
Contoh gambar data akun bank
Kita harus mengisi data-data account bank kita, seperti Nama Akun, BSB (Nomor cabang bank), dan Account Number.

c. Personalise Return
Contoh gambar untuk personalise return

Pada bagian ini, kita akan ditanyakan terkait status kependudukan kita di Australia ini, Saya pemegang Work and Holiday Visa dan dapat tinggal lebih dari 6 bulan, dan wajib terkena pajak. Jadi saya klik Yes, untuk Resident for tax purpose.
Untuk pertanyaan berikutnya terkait memiliki pasangan (spouse) di Australia, klo memang tidak punya silahkan pilih No, atau Yes untuk yang punya.
Untuk pertanyaan ketiga, tentang menerima gaji tinggal pilih yang pertama aja, kecuali punya bisnis atau pendapatan lain di Aussie.

d. Prepare Return
 
Payment Summaries
 Pada bagian keempat ini, kita masuk ke rangkuman pembayaran, siapin PAYG yang udah dikasih dari perusahaan tempat kita bekerja, trus tinggal input aja data-datanya sesuai dengan tulisan yang yang ada di lembaran PAYG kita. Seperti: Nama employer, ABN employer, tax withheld kita, Gross payment, dan allowances (klo ada). Klo kita kerja lebih dari 1 perusahaan, klik aja tombol add untuk menambahkan data perusahaan lainnya.

Contoh gambar estimasi tax refund
Klo udah semua, selanjutnya, akan ada tulisan estimated tax refund of $......,00 dan ada tulisan Declaration, centang aja yang tulisan tick this box to sign this declaration... lalu klik tulisan lodge yg ada di kanan bawah.

5. Menunggu kurang lebih 2 minggu, thats it
Contoh gambar yang berisikan receipt number
Tahap ini hanya pelengkap dari tahap-tahap sebelumnya. Intinya kita telah sukses dalam menjalani lodging tax returnnya, dan diberikan receipt number. Untuk prosesnya sendiri tertulis 2 minggu untuk pengembalian pajaknya. Kenyataannya bisa aja lebih cepat ataupun lebih lama dari jangka waktu tsb. Thats it.
 
Sumber:


Semoga Bermanfaat

My Life, My Adventure
Mari berpetualang dan travelling, tanpa ragu
Kunjungi juga Facebook saya Aldino Tanza Diningrat Miloen, follow twitter @aldinotanza serta instagram @aldinotanza. Path: @Tanza Aldino Miloen
Terima Kasih

Related Post

No comments:

Post a Comment