Dropdown Menu

Billionaire ads

Saturday, October 8, 2016

Sejarah Opera House dan Harbour Bridge di Sydney


Melihat Lebih dekat diantara Gedung Opera Sydney dan Jembatan Harbour di Sydney
Hai selamat pagiii..!
Rasanya udah lama saya ga update artikel lagi.. Kali ini berhubung kerja lagi off, saya menyempatkan diri untuk saling berbagi informasi..
Saya tertarik dengan beberapa bangunan yang terletak di Bennelong Point di Sydney Harbour, New South Wales-Australia. Juga dekat dengan stasiun kereta Cirqular Quay,  yaitu Sydney Opera House dan Sydney Harbour Bridge. Pemandangan kedua bangunan ini menjadi ikon tersendiri bagi Australia.

Melihat lebih dekat dari sudut pandang Jembatan Sydney Harbour dan Opera House
Satu persatu akan saya uraikan, soalnya kurang lengkap klo saya cuma menjelaskan Opera House nya aja atau Harbour Bridge nya aja. Apalagi kedua2nya ada di kawasan yang sama yang letaknya hanya berseberangan. Yuuk Marii kita bahas sama-sama..!!



1. Sydney Opera House
Sydney Opera House
 Bangunan ini dirancang oleh Jorn Utzon, seorang arsitek berkebangsaan Denmark.

Jorn Utzon
Pada tahun 1957 ia memenangkan ajang kompetisi desain International yang diadakan oleh pemerintah New South Wales, Australia. Serta mengalahkan 233 peserta dari 32 negara. Rancangan yang dibuatnya terkenal dengan nama “Shell Design”. Bagi jutaan turis yang datang, gedung ini memiliki daya tarik dalam bentuknya yang seperti cangkang.

Sejarah Opera House
Perencanaan Opera House Sydney dimulai pada akhir tahun 1940-an ketika Eugène Goossens, Direktur NSW State Conservatorium of Music, mencari tempat yang cocok untuk konser orchestra besarnya, karena yang pada waktu itu Sydney Town Hall sudah tidak dianggap cukup besar lagi untuk acara konsernya. Pada tahun 1954, Goossens berhasil mendapatkan dukungan dari Premier NSW, Cahill Yusuf, yang disebut sebagai pemrakarsa dalam pembuatan gedung tersebut.
Pada 13 September 1955, Cahill membuka kompetisi untuk mendesain bangunan Opera House Sydney, dan akhirnya terdapat 233 peserta dari 32 negara ikut berkompetisi dalam ajang tersebut dengan kriteria yang ditentukan, yaitu aula besar tempat duduk 3000 dan aula kecil untuk 1200 orang, masing-masing harus dirancang untuk berbagai kegiatan termasuk opera, orchestra, paduan suara, konverensi, kuliah, balet performance, presentasi dan lainnya.
Pada tahun 1957, Jorn utzon, seorang arsitek berkebangsaan Denmark memenangkan kompetisi tersebut dengan hadiah sebesar £5000, dan pada saat itu juga Utzon menuju Sydney untuk membantu mengawasi proyek tersebut, lalu pada Februari 1963 akhirnya Utzon berpindah kantor di Sydney.
Pembangunan resmi Opera House dimulai pada Maret, 1959. Proyek ini dibangun dalam tiga tahapan. Tahap I (1959-1963) bangunan yang terdiri dari atas mimbar atau podium. Tahap II (1963-1967) pembangunan luar yaitu konstruksi atap. Tahap III terdiri dari desain interior dan konstruksi 1967-1973).

 Desain dan Struktur Opera House Sydney
Sydney Opera House berdiri di atas tanah seluas 2,2 Ha dan luas bangunan 1,8 Ha dengan bentang bangunan 185 m x 120 m dan ketinggian atap mencapai 67 meter di atas permukaan laut. Atap terbuat dari 2194 bagian beton precast yang masing-masing seberat 15,5 ton. Kesemuanya disatukan dengan kabel baja sepanjang 350 km. Berat atap keseluruhan mencapai 27.230 ton yang dilapisi 1.656.056 keramik Swedia.
Berat bangunan 161.000 ton ditopang oleh 580 kostruksi baja yang  ditanam pada kedalaman 25 m di bawah permukaan laut. Penyangga atap terdiri dari 32 kolom beton yang masing-masing 2,5 meter persegi dengan struktur dinding curtain wall.

Sydney Opera House Ditinjau Dari Struktur Shell
Shell Design adalah rancangan yang sangat rumit, atap pada merupakan bentuk metafora dengan menerapkan system shell free form. Dimana bentuk shell yang ada tidak mengikuti pola geometri tetapi terikat secara structural yang dalam hal ini bentuk geometri tetap ada tetapi bukan merupakan factor utama. Shell pada Sydney opera house terbentuk dari proses rotasional kearah vertical dengan lengkung dua arah (vertical dan horizontal)/ double curved shell dengan permukaan lengkung sinklastik.
Gaya-gaya yang bekerja pada atap shell Sydney Opera House antara lain adalah :
1.    Gaya Meredional
Meredional pada atap Sydney opera house berasal dari berat itu sendiri yang kemudian gaya itu disalurkan melalui tulangan baja ke kolom penyangga atap. Gaya meredional yang bekerja pada atap diatas dengan mempertebal permukaan dan membentuk permukaannya menyerupai sirip- sirip dengan tujuan agar permukaan lebih kaku.
2.    Gaya Rotasional
Gaya rotasional bekerja kearah vertical mengikut ilengkung atap kemudian beban disalurkan ke tanah melaui tiga kolom yang ada.  Beban tekan dan tarik disalurkan melalui tulangan atap.
3.    Beban Lentur
Pertemuan atap dan dinding dibuat lebih tebal agar dapat menyokong gaya yang bekerja pada arah vertical dan horizontal dari gaya meredional, yang juga agar yang terjadi.
4.    Kondisi Tumpuan
Kondisi tumpuan pada atap Sydney opera house sudah memenuhi syarat tumpuan layak yang diizinkan untuk shell struktur, yaitu :
· Tumpuan yang disalurkan ke kolom mampu mengerahkan reaksi dari membrane baik itu reaksi tekan maupun tarik, perpindahan gaya tekan tarik yang bekerja pada permukaan cangkang.
· Perpindahan-perpindahan membrane pada perbatasan kulit kerang yang timbul akibat tegangan dan regangan  membrane diatasi dengan memperkaku sudut- sudut pertemuan permukaan shell
Kesimpulan
Tegangan- tegangan membrane adalah sedemikian kecil sehingga dalam kasus Sydney Opera House, ketebalan kulit kerang ditentukan oleh gangguan- gangguan lentur perbatasan, meskipun demikian tegangan-tegangan yang ada harus tetap dievaluasi dalam usaha untuk :
1.    Tegangan-tegangan tarik yang mungkin terjadi dan menyediakan tulang tarik yang cukup kuat disepanjang lengkungan atap.
2.    Tegangan tekan tertinggi pada puncak atap yang diselesaikan dengan membuat perkuatan, sedangkan untuk tekanan tekuk terjadi pada sudut pertemuan atap.

Pada tanggal 20 Oktober 1973, Ratu Elizabeth II meresmikan Gedung Sydney Opera House.
Kemudian di tahun 2003, Sydney Opera House dimasukkan dalam Daftar Warisan Negara Bagian New South Wales berdasarkan Undang-Undang Heritage tahun 1977.
Sedangkan tahun 2005, gedung opera ini masuk dalam Daftar Warisan Nasional di bawah Undang-undang Perlindungan Lingkungan dan Konservasi Keanekaragaman Hayati.
Sampai Pada tanggal 28 Juni 2007, UNESCO menetapkan Opera House Sydney sebagai salah satu situs warisan dunia.
Sesuai dengan namanya, Bangunan ini digunakan  untuk pertunjukan teater, musik, opera, tarian modern, ballet, pameran dan film. Salah satunya ialah Opera Australia, The Australian Ballet, Sydney Theatre Company, dan Sydney Symphony Orchestra yang diselenggarakan oleh Sydney Opera House Trust, di bawah Kementrian Kesenian New South Wales.

Opera house Sydney merupakan salah satu bangunan unik abad ke-20, dan juga merupakan icon atau symbol bagi benua Australia. Jorn Utzon Oberg, sang arsitek Sydney Opera House (Gedung Opera Sydney) meninggal pada tanggal 29 November 2008, meninggalkan sebuah warisan ekspresi seni yang luar biasa dan visi besar seorang arsitek. 

Sumber:
Sydney Opera House
Blog salman satya
Blog Solusi News
Wikipedia Gedung Opera Sydney
Wikipedia Sydney Opera House

2. Sydney Harbour Bridge

Sydney Harbour Bridge
Gagasan untuk membangun Sydney Harbour Bridge, sebenarnya pertama kali disampaikan oleh
Francis Greenway, tahun 1815. Meskipun sempat dibicarakan, tahun 1900 diputuskan bahwa gagasan ini tidak  jadi direalisasikan oleh karena berbagai sebab dan alasan. Tetapi setelah, Perang Dunia I, desakan dan kepentingan untuk membangun jembatan ini menjadi semakin besar, sehingga gagasan ini dihidupkan lagi.

Pekerjaan konstruksi dimulai tahun 1924, dan dapat diselesaikan sembilan tahun kemudian, serta diresmikan tanggal 19 Maret 1932. Pekerjaan pembangunan konstruksi ini melibatkan 1.400 pekerja dan menghabiskan dana £4.2 juta. Enam juta beton dan 53.000 ton baja digunakan dalam pembangunan konstruksi jembatan ini.

Sydney Harbour Bridge, New South Wales, yang juga dikenal dengan sebutan "Coathanger" (gantungan pakaian) akibat dari designnya yang melengkung di bagian atas, meskipun panggilan ini semakin lama semakin jarang disebut.

adalah  jembatan yang melintasi pelabuhan Sydney, panjang totalnya 1149 meter. Desain jembatan mempunyai bentukan melengkung dari baja sepanjang 503 m, dan bentang utamanya, merupakan lengkung terpanjang ke empat di dunia, dan hanya satu meter lebih pendek dibanding Bayonne Bridge di New  York. Lebar dek jembatan 49 meter, menjadikannya salah satu jembatan terlebar di dunia.

Jembatan ini adalah bangunan tertinggi di kota Sydney hingga tahun 1967. Menurut Guinness World Records, jembatan ini adalah yang terlebar di dunia, sekaligus sebagai jembatan lengkung berkerangka besi tertinggi di dunia dengan puncaknya berdiri 134 meter di atas permukaan pelabuhan. Jembatan ini juga tercatat sebagai jembatan lengkung besi terpanjang nomor empat di dunia.

Jembatan Sydney Harbour adalah jalur utama untuk menyeberangi Pelabuhan Sydney (Sydney Harbour) yang menghubungkan distrik pusat bisnis Sydney (Sydney CBD) dengan wilayah utara Sydney (North Sydney). Di atasnya terdapat jalur kereta api, kendaraan bermotor, sepeda, dan trotoar. Bersamaan dengan Gedung Opera Sydney, Jembatan Sydney Harbour adalah salah satu ikon bagi kota Sydney sekaligus Australia.


Sumber:
Jembatan Sydney Harbour
Sydney Harbour
Sydney Harbour Bridge
Jembatan Sydney Harbour 2
Scribd.com

Happy Weekend!

Semoga Bermanfaat..

My Life, My Adventure
Mari berpetualang dan travelling, tanpa ragu
Kunjungi juga Facebook saya Aldino Tanza Diningrat Miloen, follow twitter @aldinotanza serta instagram @aldinotanza. Path: @Tanza Aldino Miloen
Terima Kasih

Related Post

2 comments: